Paket Tour Labuan Bajo

Paket Tour Labuan Bajo – Kalau kamu mengenal Bali sebagai destinasi wisata alam di Indonesia, kini saatnya langkahkan kakimu untuk tersesat di surga bahari baru, Labuan Bajo. Apalagi untuk kamu yang saat ini mencari referensi berwisata alam selain di Bali, Labuan Bajo adalah pilihan baru yang patut kamu coba.

Labuan Bajo memberikanmu kenyamanan berbeda yang bisa kamu nikmati sendirian, saat tempat wisata lain sudah terlalu penuh dan ramai. Kemurnian dan keaslian alamnya akan memanjakan matamu, membuatmu tak henti-hentinya bersyukur atas nikmat yang diberikan sang pencipta.

Sebelum masuk ke detil paketnya, aku bakal ajak kamu membaca dahulu beberapa panduan wisata yang mungkin belum kamu tau. Silahkan luangkan waktu untuk membaca setiap informasi yang aku uraikan di bawah ini ya !

Tapi sebelum kamu baca artikel di bawah ini, ada baiknya kamu lihat dulu video di bawah ini. Biar makin semangat !!

Paket Tour Ke Labuan Bajo dan Pulau Komodo

Untuk memfasilitasi liburan kamu ke Labuan Bajo, kami coba berikan beberapa opsi paket yang bisa kamu pilih yang sesuai dengan keinginanmu. Jika dirasa paket yang kami sediakan kurang pas, kamu bisa hubungi kami kembali untuk informasi lebih lanjut. Dan untuk paket-paket tersebut diantaranya :

Untuk mengetahui lebih detil dari masing-masing paket, silahkan kamu klik paket yang ingin kamu ketahui.

Kapan Waktu Terbaik ke Labuan Bajo

Lantas, kapan nih kita harus berkemas-kemas untuk pergi ke Labuhan Bajo?

Langsung simak saja ya, gambar di bawah ini !

Rekomendasi Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Pulau Komodo

Ada apa aja, sih di Labuan Bajo? Tenang, ada banyak banget tempat-tempat menarik untuk kamu jamah. Siapkan waktumu untuk berlibur ke tempat ini, ya. Gak cukup, nih kalau sehari aja. Berikut destinasi Labuan Bajo yang akan memberikanmu momen berkesan seumur hidup;

1. Labuan Bajo

Disinilah petualangan kita akan dimulai. Labuan Bajo disebut-sebut sebagai gerbang awal sebelum kita menyambangi pulau-pulau sekitar. Buat kamu yang saat ini sedang bertanya-tanya di mana Labuan Bajo, surga bahari tersembunyi ini merupakan sebuah desa yang terletak di kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jika kita mengenal NTT dengan pulau Komodonya, saatnya kita explore lebih jauh lagi menyambangi eloknya sudut-sudut tersembunyi di Labuan Bajo.

2. Pulau Rinca

Nah, sekarang tiba saatnya di Pulau Rinca, pulau terbesar selain pulau Padar yang menjadi salah satu gugusan kepulauan di Nusa Tenggara Timur. Pulau Rinca dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang akan menyita penuh perhatianmu saat melewatinya dengan menaiki kapal.

Pulau Rinca memiliki kontur tanah yang tidak rata dengan bentuk pulau yang tampak berkelok-kelok jika dilihat dari atas. Sudut-sudut Pulau Rinca membuat air laut tampak seperti cekungan, dengan warna biru indah yang berkilauan saat terpantul dengan cahaya matahari. Nah, untuk mengabadikan momenmu, jangan lewatkan untuk segera naik ke puncak dan mengambil gambar di tempat ini.

Selain dikelilingi dengan pemandangan air pantai yang indah, kita akan disambut oleh pemandangan hijaunya rerumputan yang juga akan menyapa kakimu. Wah, serasa menyatu dengan alam bebas, ya. Puas bermain-main di Pulau Rinca, sekalian cus mengunjungi tempat penangkaran dan pelestarian Komodo, yuk.

3. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo-min

Tidak hanya kekayaan alamnya saja, Indonesia memiliki kekayaan fauna yang luar biasa. Salah satunya adalah komodo, menjadi fauna khas Indonesia yang diakui dan dilindungi oleh dunia. Nah, mengunjungi Nusa Tenggara Timur, dimana sih letak Taman Nasional Komodo?

Taman Nasional Komodo terletak di pulau Rinca, pulau Komodo, dan pulau Padar. Namun, komodo juga masih dapat ditemukan pada pulau-pulau kecil lainnya. Jadi, saat mengunjungi pulau Rinca dan pulau Komodo, kita sama-sama berkesempatan untuk menjumpai komodo. Jika pulau Rinca terkenal dengan savananya, pulau Komodo memiliki banyak hutan sehingga turut mempengaruhi perilaku komodo.

Namun sangat disayangkan, habitat komodo mulai dari tahun 2000 sudah mulai berkurang di pulau Padar. Hingga tahun 2019, komodo di pulau Padar dinyatakan punah dikarenakan kekurangan sumber makanan dan perusakan hutan sebagai habitat komodo.

4. Pink Beach

Pasir dan pantai merupakan satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Kalau kita sering melihat pasir pantai berwarna cokelat, abu-abu, dan putih. Pernahkah kamu merasakan dan melihat pasir pantai berwarna pink?

Tentu tak perlu jauh-jauh ke Harbour Island, Bahama; Spiaggia Rossa, Italia; dan Kepulauan Karibia. Indonesia memiliki pantai merah mudanya yang gak kalah cantik. Pantai Pink atau Pantai Merah Muda terletak di Pulau Komodo, Manggarai Barat, NTT. Kenapa ya, pasir pantai bisa berwarna merah muda?

Nah, pasir pantai berwarna pink ini sendiri disebabkan oleh terumbu karang homotrema rubrum yang saat mati terbawa arus menuju pasir pantai, akan terurai bersama mikroorganisme lainnya seperti plankton. Sore-sore ke pantai merah muda, kamu akan menemukan wow moment yang cantik banget. Matahari terbenam dengan cahaya kuning kemerahan dipadu dengan warna ceria pasir merah muda, bagaikan lukisan indah di dunia nyata.

5. Kalong Island

pulau kalong
pulau kalong

Terdampar di pulau asing, dengan bekal makanan yang hampir menipis, dan disambut sekawanan binatang menjadi satu potongan scene yang akrab kita jumpai pada film-film bajak laut. Nah, saat berada di sekitar tepi perairan pulau Kalong, suasana tenang akan langsung menyapamu. Tak ketinggalan sekawanan binatang kalong (kelelawar) yang beterbangan.

Gak main-main, jumlah kalong di pulau Kalong ini bukan hanya ribuan, namun jutaan! Dengan waktu berlayar menggunakan boat selama 30-40 menit dari Labuan Bajo, saatnya tersesat di pulau tak berpenghuni.

6. Pulau Padar

Pulau Padar-min

Menikmati jernihnya pemandangan birunya air laut, paling pas kalau kita nikmati di puncak pulau Padar. Namun untuk menikmatinya, harus dibutuhkan usaha ekstra, nih. Kita harus berjalan menaklukkan kontur tanah yang berbukit-bukit dengan anak tangga yang panjang. Tapi tenang aja, rasa lelahmu akan terobati dengan pemandangan alam yang luar biasa.

7. Manta Point

Pecinta snorkeling, wajib banget datang ke tempat keren yang satu ini. Atau buat kamu yang belum pernah snorkeling sebelumnya, keren guys! Kamu gak akan pernah melupakan seumur hidup.

Nah, Manta Point ini adalah spot tempat berkumpulnya banyak ikan pari mantra yang menari ke sana kemari di dalam lautan. Selain itu, banyak juga sekawanan ubur-ubur disana. Mau merasakan sensasinya? Kalau kamu barusan dari pantai pink bisa langsung kesini dengan waktu sekitar 20-30 menit aja.

8. Taka Makasar

Salah satu karya sang pencipta yang luar biasa indah, Taka Makassar. Letaknya masih di sekitar Labuan Bajo, ya bukan di kota Makassar, Sulawesi. Kalau pulau pada umumnya terdiri dari tanah daratan, hutan, dan tumbuhan bakau di sekelilingnya, pulau Taka Makassar ini adalah pulau pasir seratus persen.

Dengan pasir putihnya yang lembut, jangan dibayangkan gimana indahnya jika dilihat dari atas. Sempurna banget, deh. Seperti goresan cat minyak di atas kanvas, namun ini versi aslinya. Saat melihat orang lain berada di pulau ini dari kejauhan, serasa melihat orang melayang di perairan laut, deh.

9. Pulau Kanawa

Buat kamu yang suka kedamaian dan ketenangan, menghabiskan waktu bersantai di pulau Kanawa recommended banget, nih. Apalagi buat kamu yang jauh-jauh datang ke Labuan Bajo untuk charge energi dan ketenangan.

Selain disediakan bungalow yang dapat kamu pilih untuk beristirahat, pulau Kanawa juga memiliki spot snorkeling-nya gak kalah kece. Kalau Manta Point terkenal dengan spot ikan pari dan ubur-uburnya, di pulau Kanawa kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan sekawanan bintang laut! Habis dari Mantra Point, jangan lupa mampir kesini, ya.

10. Pulau Kelor

Bagi para traveler yang sudah mampir kesini, pulau Kelor jadi tempat pertama untuk pemanasan, nih. Untuk jalan santai dan mendaki bukit-bukit kecil yang sedikit terjal. Saat sudah mengunjungi pulau Kelor, gak akan kaget dengan topografi tanah di pulau-pulau lainnya, deh.

Tu, wa, ga, pat! Langkahkan kakimu dan atur nafasmu. Jangan lupa untuk membawa persediaan bekal air minum secukupnya, ya.

11. Gili Lawa

Meski semua sudut Labuan Bajo memiliki spot terbaik dan terindahnya untuk foto, salah satu ikon Nusa Tenggara Timur yang tak boleh terlewatkan adalah Gili Lawa. Mungkin foto-foto tentang Labuan Bajo yang wara-wiri di sosial media salah satunya berada di Gili Lawa. Rasakan naik ke puncak yang tinggi dengan memandang hamparan air yang luas dengan kapal-kapal yang serasa mengepung tempatmu!

Cara Menuju Labuan Bajo

Ada banyak cara untuk menuju Labuan Bajo. Selain menggunakan pesawat yang mendarat di bandara Labuan Bajo, ada juga transportasi laut (kapal) jika kamu ingin menekan budget. Seperti kapal dari Benoa Bali dan kapal (feri) dari Sulawesi. Namun, menggunakan transportasi laut memiliki keterbatasan dari segi waktu, ya. Dengan waktu perjalanan mencapai satu hari.

Kapal Phinisi di Labuan Bajo

Menjelajahi Labuan Bajo, transportasi yang akan kita gunakan adalah kapal. Ada banyak jenis kapal yang bisa kamu pilih, tentunya disesuaikan dengan budget-mu, karena juga akan mempengaruhi fasilitas. Teredia kapal standar, semi phinisi maupun kapal phinisi. Dan di bawah ini beberapa contoh kapal yang bisa kamu gunakan.

  1. Kapal Standar AC
  2. Phinisi Cajoma IV
  3. Phinisi Maepa Deapati
  4. Phinisi Alfathran
  5. Phinisi Samara 2
  6. Phinisi La Lunia

Tiket Pesawat ke Labuan Bajo

Mau ke Labuan Bajo? Kamu gak perlu khawatir untuk akses menuju ke sana. Tak perlu harus berangkat dari Jakarta, kok. Rute penerbangannya pun bertambah, mengingat Labuan Bajo adalah destinasi wisata yang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Rute penerbangan yang tersedia berangkat mulai dari Jakarta, Denpasar Bali, Lombok, dan Surabaya. Untuk harga tiket pun bervariatif, untuk perjalanan pulang pergi Jakarta – Labuan Bajo sekitar Rp 3-5 juta saja.

Hal hal yang perlu dipersiapkan sebelum ke Labuan Bajo

Sebelum melakukan perjalanan ke Labuan Bajo, banyak hal yang perlu kamu persiapkan dari rumah, nih. Siapkan pakaian yang nyaman dengan bahan adem yang menyerap keringat. Soalnya, Labuan Bajo memiliki temperatur udara hangat-panas yang membuat tubuh lebih mudah berkeringat.

Selama melakukan perjalanan, jangan lupa bekal air minum secukupnya. Berpetualang ke Labuan Bajo akan cukup menguras energimu. Jangan sampai kamu lemas karena dehidrasi, ya.

Sediakan pula obat-obatan. Terutama, bagi kamu yang mabuk laut. Soalnya, perjalanan traveling kita kali ini akan menggunakan transportasi kapal kecil atau speedboat untuk menuju lokasi. Sebagai tambahan, sediakan pula obat pereda nyeri (otot), boleh dalam bentuk cream atau gel. Buat kamu yang belum terbiasa berjalan jauh, apalagi dengan medan yang berkelok-kelok dan sedikit terjal.

Untuk kamu yang sedang terluka dan wanita yang sedang menstruasi, bisa mendapatkan pengawalan dari petugas setempat saat berkunjung ke area Taman Nasional Komodo. Soalnya, komodo termasuk binatang buas yang bisa melukai manusia, nih. Jadi bukan binatang imut yang bisa kamu pegang dan elus-elus, ya.

Eits, tak ketinggalan, baju renang dan perlengkapan snorkeling bagi kamu pecinta air!

Alasan Kenapa Harus ke Labuan Bajo

Kalau ditanya kenapa kamu harus ke Labuan Bajo, tak ada kata-kata lagi yang mampu untuk mengungkapkannya. Wisata bahari yang luar biasa, kekayaan fauna, dan keajaiban alam yang harus kamu rasakan minimal satu kali dalam seumur hidupmu. Sebelum jauh-jauh keluar negeri, eksplorasi cuilan surga tersembunyi yang ternyata dekat dengan tempat kita, yuk!

Rujukan :

  1. Wikipedia – Labuan Bajo
  2. Liputan 6 – Labuan Bajo

Url :  https://www.turiz.id/paket-tour-labuan-bajo.html

Open chat
Butuh Bantuan ?
Hallo..
Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by