Raja Ampat, Wisata Impian Dunia dari Bumi Papua

paket tour raja ampatPesona indahnya Raja Ampat tentu sudah pernah kita rasakan melalui sosial media. Postingan foto yang tidak sengaja masuk ke timeline-mu, atau video pendek yang menceritakan betapa serunya menjejakkan kaki ke sana. Bahkan artis Bollywood Ankit Bathla dan pesohor dunia lainnya terpesona dengan eksotisme permata hijau di Papua ini.

Lebih dari sekedar tempat pariwisata, Raja Ampat menjadi ekosistem dan rumah bagi banyak flora dan fauna. Pada tahun 2015, Raja Ampat dinobatkan sebagai ‘The Best Destination’ oleh majalah Inggris Dive Magazine. Untuk level nasional, Raja Ampat mendapatkan dua penghargaan untuk kategori pengelolaan destinasi wisata berkelanjutan Green Gold (Kelompok Geowisata Painemo) dan kategori pelestarian Green Bronze (Kampung Wisata Saporkren). Sudah tak diragukan lagi, Raja Ampat sangat pantas untuk menjadi traveling wish kamu berikutnya!

Paket Tour Raja Ampat

Menjelajah Raja Ampat, terlebih dulu cari tahu paket tour yang cocok untukmu. Selain untuk menyesuaikan budget, Raja Ampat memiliki banyak banget spot menarik yang bisa kamu pilih untuk dikunjungi.

Pilihan Paket Tour ke Raja Ampat

  • Open Trip Raja Ampat
  • Romantic Honeymoon Tour Raja Ampat
  • Raja Ampat Easy Tour 1 Day
  • Raja Ampat Fun Tour 2 Day 1 Night
  • Beautiful Raja Ampat Tour 3 Hari 2 Malam
  • Raja Ampat Amazing Tour 4 Hari 3 Malam
  • Raja Ampat Exotic Tour 5 Hari 4 Malam
  • Misool Paradise Tour 3 Hari 2 Malam
  • Raja Ampat Long Journey 7 Hari 6 Malam
  • Raja Ampat Best Trip 8 Hari 7 Malam

Panduan ke Raja Ampat

Nah, kalau selama ini akrab dengan nama Raja Ampat di dunia maya, sebenarnya Raja Ampat adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Papua Barat. Kabupaten Raja Ampat beribu kota di Waisai dengan luas 46.108 km2. Jika dilihat dari peta, kabupaten Raja Ampat terdiri atas gugusan pulau-pulau kecil dengan jumlah total 610 pulau dengan 24 distrik! Wow banget, kan jumlahnya. Maka dari itu, Raja Ampat punya banyak banget destinasi menarik yang siap kamu kunjungi.

Tentang Pin Raja Ampat

Berbeda dengan wisata alam lainnya di Indonesia, saat datang ke Raja Ampat pengunjung terlebih dahulu harus memiliki pin khusus berbentuk kartu, yang disebut juga Kartu Jasa Lingkungan sebelum mengunjungi satu pulau ke pulau yang lainnya. Untuk mendapatkan pin ini, pengunjung dapat membayar retribusi terlebih dahulu. Setelah itu, baru deh kita mendapatkan pin dan bukti bayar sebagai penanda kalau kita sudah boleh mengelilingi Raja Ampat.

Nah, berapa sih biayanya untuk membuat pin ini? Untuk wisatawan domestik, kita perlu merogoh kocek Rp 500 ribu, sedangkan untuk wisatawan mancanegara Rp 1 juta. Biaya retribusi ini nantinya akan dikelola agar pariwisata Raja Ampat terus terjaga dan dapat dikelola dengan baik. Ketentuan pembayaran untuk jasa lingkungan ini sudah tercantum pada Perbup Raja Ampat No. 18 Tahun 2014. Masa berlaku pin Raja Ampat ini adalah satu tahun, loh. Tentu kalau kamu mau balik lagi kesini dalam jangka waktu kurang dari satu tahun gak perlu membuat lagi.

Untuk mendapatkannya, kita dapat mengunjungi kantor Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Unit Pelaksana Teknis Dinas Kawasan Konservasi Perairan Daerah yang terletak di Distrik Kota Waisai atau loket penjualan pelabuhan Waisai. Tenang saja, untuk mencetak pin kartu ini tidak memerlukan waktu yang lama, kok.

Pesawat ke Sorong

Untuk mencapai Raja Ampat, kita dapat mendarat di bandara Domine Eduard Osok, Papua Barat. Mencapai bandara di Sorong Papua Barat dapat ditempuh langsung dari Jakarta. Tercatat sudah banyak maskapai penerbangan yang menyediakan rute langsung Jakarta – Sorong. Diantaranya adalah Sriwijaya Air, Batik Air, NAM Air, dan Garuda Indonesia. Harga tiket Jakarta Sorong bisa didapatkan mulai dari Rp 1,9 juta saja.

Akomodasi di Raja Ampat

Kami bekerjasama dengan beberapa resort dan homestay di Raja Ampat, dan kami pilihkan untuk kamu yang ingin mendapatkan kenyamanan saat berlibur. Diantaranya

1. Resort & Hotel :

TPK48 Dive Resort, Waiwo Dive Resort, Putras Resort, Hamu Eco Resort, Raja Ampat Dive Resort, Raja Ampat Dive Lodge, Raja Ampat City Hotel

2. Homestay :

Homestay di Pulau Kri, Lalosi Homestay, Prajas Homestay, Mamatua Homestay, Talaip Homestay

Speedboat di Raja Ampat

Wisata Raja Ampat, 80 persen perjalanan di perairan, jadi speedboat merupakan transportasi utama yang akan digunakan sepanjang tour berlangsung. Dan jadi variabel paling penting yang harus kamu pertimbangkan. Berdasarkan hal itu maka kami coba untuk memilihkan speedboat yang nyaman untuk perjalanan kamu saat berlibur ke Raja Ampat, namun tentu harga yang layanan kami pun akan sedikit lebih tinggi dibanding dengan yang lain.

Tentang Musim Angin Selatan

Musim angin selatan menandakan musim kemarau yang mulai datang dengan angin yang bertiup kencang. Musim Angin Selatan di Raja Ampat jatuh pada bulan Juli-September. Saat musim angin kencang gelombang laut akan tinggi yang tentunya berakibat pada jarak pandang yang kurang baik bagi kamu yang ingin menyelam. Selain itu, angin selatan akan mengakibatkan ombak yang tinggi bahkan mencapai dua meter dari Sorong sampai Waisai.

Mau berkunjung ke Raja Ampat, paling nyaman saat kita mengunjungi pada bulan-bulan teduh. Bulan teduh berkunjung ke Raja Ampat terjadi pada bulan Oktober – November. Pada bulan inilah acara menyelam bakalan mendapatkan view yang bagus dengan pemandangan biota bawah laut yang mempesona.

Namun, kembali cuaca merupakan kuasa Tuhan yang tidak bisa kita ganggu gugat.

Internet dan ATM

Nah, bagaimana nih dengan akses jaringan telekomunikasi di Raja Ampat ? Tenang saja, jaringan internet 4G kini sudah dapat dinikmati di Area Sorong, Waisai sampai Pianemo. Untuk Wayag dan Misool jaringan internet masih kurang memadai. Gak Perlu khawatir lagi nih untuk sekedar berkomunikasi dengan teman dan keluarga atau sekedar posting di sosial media. Namun, untuk jaringan provider yang paling kuat saat ini adalah Telkomsel.

Sebelum ke Raja Ampat, boleh nih ambil uang tunai dulu di bandara Sorong. Jika terlewatkan, bisa mampir dulu di beberapa lokasi ATM Waisai. Adapun ATM bank yang tersedia di Waisai adalah BNI, BRI, BCA, dan Mandiri.

Destinasi Trip Raja Ampat

Menjelajah Raja Ampat, kamu akan diajak untuk menjelajah dari satu pulau ke pulau yang lainnya (island hopping). Nikmati sensasi hembusan angin dengan pemandangan birunya air laut dan hijaunya pulau-pulau yang tersebar.

Wayag

Wayag Tour Raja Ampat
Puncak Wayag 2

Sejauh mata memandang, kamu akan disambut dengan pemandangan bukit-bukit karst yang tersebar di perairan dengan indah. Nah, Wayag ini termasuk salah satu tempat wisata di Raja Ampat yang familiar kamu lihat di sosial media. Untuk menikmati indahnya bukit-bukit karst di pulau Wayag, kamu harus menaiki puncaknya.
Ada dua puncak yang bisa dinaiki yaitu puncak satu dan puncak dua menurut warga sekitar. Puncak satu sendiri lebih tinggi dengan puncak dua dengan pepohonan yang lebih banyak. Nah, untuk mencapai puncak ini, kita harus berjuang dulu, nih. Mendaki bebatuan terjal dengan hati-hati. Tapi, kalau udah sampai atas, waw! Rasa letihmu akan sirna dengan pemandangan yang paripurna. Boleh diadu, nih dengan Phuket-nya Thailand.

Piaynemo

Pianemo Raja Ampat

 

Disebut-sebut sebagai kembaran pulau Wayag, Piaynemo menawarkan pemandangan bukit-bukit karst yang tak kalah indah. Untuk menuju ke puncak Piaynemo, kita harus berjibaku dulu menaiki 300-an anak tangga untuk mencapai atas. Nah, saat mencapai puncak, kita dapat beristirahat di atas teras kayu dengan berlatar belakang Piaynemo yang indah.

Di sekitar Piaynemo terdapat beraneka macam tumbuhan hijau yang membuat suasana sekitar asri dan sejuk. Masyarakat sekitar memang sengaja tidak menebang tumbuh-tumbuhan tersebut untuk menjaga kelestariannya. Nah, begitu juga dengan tradisi Sasi Sirih yang terus dijaga. Masyarakat dan wisatawan dilarang untuk mengambil tumbuh-tumbuhan tertentu, terutama sirih.

Setelah puas menikmati suguhan pemandangan luar biasa, jangan lupa mampir ke kios-kios sekitar Piaynemo untuk menuntaskan rasa hausmu. Ada buah kelapa muda segar yang siap kamu santap. Setelah dari Piaynemo, siap-siap meluncur ke Telaga Bintang, yuk.

Telaga Bintang

Wisata Raja Ampat, Telaga Bintang

Selamat datang di telaga Bintang, saat melihat dari ketinggian, kamu akan disuguhi pemandangan telaga berwarna hijau kebiru-biruan yang sangat indah. Dinamakan telaga Bintang, karena akan terlihat seperti bintang jika dilihat dari atas. Untuk menikmati telaga Bintang ini, dapat dinikmati dari bukit Piaynemo. Jika ingin mengunjungi telaga Bintang, bisa naik speedboat dengan jarak tempuh 5-10 menit saja.

Teluk Kabui

Teluk KAbui Raja Ampat

Teluk yang terletak di antara pulau Waigeo dan Pulau Gam ini memiliki pemandangan batu-batuan di sekitar teluk yang indah. Nah, di teluk Kabui inilah banyak batu-batuan besar menjulang tinggi yang ikonik. Sebut saja batu pensil dan batu wajah. Dinamakan batu wajah, karena batu karst yang menjulang tinggi ini memiliki sisi keluar yang runcing seperti wajah dan hidung jika dilihat dari samping.

Di sekitar teluk Kabui juga terdapat gua yang bernama Goa Tengkorak. Pada goa ini, masih terdapat sisa-sisa kerangka dan tengkorak manusia dapat terlihat di tepi goa. Pada dinding gua, terdapat lukisan-lukisan zaman pra sejarah yang unik. Tertarik untuk merasakan kehidupan pra sejarah di Goa Tengkorak ini?

Batu Pensil

 

Kalau mau mendekat ke arah Batu Pensil, boleh juga, kok. Seperti apa ya, batu Pensil yang terlihat runcing dan menjulang tinggi jika dilihat dari jarak yang lebih dekat? Tenang saja, ada pelataran kayu untuk menambatkan speedboat sembari menikmati pemandangan unik Batu Pensil dari jarak yang lebih dekat. Kamu dapat beristirahat sebentar dan berfoto – foto di bawah Batu Pensil untuk kenang-kenangan.

Rufas

Ke Raja Ampat, jangan lewatkan untuk mampir ke Pulau Rufas. Pulau Rufas memang jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini termasuk pulau kecil, terlihat seperti pulau yang bolong jika dilihat dari atas. Tidak jauh dari Piaynemo, pulau Rufas memiliki lagunanya yang cantik dengan pasir putih seperti di pantai. Ketenangan Rufas dan kemurnian inilah yang membuat tempat ini menjadi wajib untuk dikunjungi. Di Pulau Rufas, terdapat penginapan tradisional inisiasi dari warga setempat dengan fasilitas yang cukup seperti air, listrik, dan makan.

Desa Sawinggrai

Suara speedboat yang perlahan pelan dan tertambat ke tepian menandakan bahwa kita telah sampai di desa Sawinggrai. Desa yang terletak di distrik Mansa Meos ini termasuk desa wisata yang menarik perhatian banyak wisatawan. Saat menginjakkan kaki untuk pertama kalinya, kita akan disambut dengan pemandangan rumah-rumah panggung tradisional dengan permukaan air laut di bagian bawahnya.

Desa Sawinggrai terkenal dengan burung cendrawasihnya yang berkicau dengan bebasnya dan pemandangan bawah airnya yang tak kalah cantik. Banyak karang laut unik yang hidup dengan bebasnya. Mau melihat burung Cendrawasih menari dalam ritual kawin untuk menarik perhatian burung betina? Wisatawan dapat mendaki bukit Wanjai Sawinggrai. Turun dari bukit Wanjai, langsung bisa snorkeling menikmati pemandangan bawah laut Sawinggrai yang cantik.

Desa Wisata Arborek

Schooling Fish Arborek
Schooling FIsh Arborek

Masih terletak di distrik Mansa Meos, desa Arborek menjadi tempat yang perlu disinggahi jika kamu tertarik dengan kearifan lokal penduduk asli Papua. Perjalanan menuju Arborek bisa ditempuh dalam waktu 1,5 – 2 jam dari Waisai dengan speedboat. Tak kalah menarik dengan Sawinggrai, Arborek menjadi tempat menarik untuk menyelam dengan pemandangan bawah airnya yang memukau. Kalau mau belanja oleh-oleh disini juga boleh, loh. Ada kerajinan pandan laut berupa tas dan topi buatan perempuan-perempuan desa Arborek.

Desa Wisata Arborek
Desa wisata arborek

Pasir Timbul

Selepas mengunjungi desa Arborek, kita bisa langsung jalan-jalan ke Pasir Timbul yang terletak di sekitar pulau Mansuar. Uniknya, kamu akan melihat pasir putih ketika air surut tiba. Tak perlu khawatir pasir yang muncul dikala air surut ini cukup luas, sehingga kamu bebas untuk bermain dan berlarian kesana kemari. Serasa punya pulau pribadi yang bisa kamu nikmati sendirian, ya.

Batu Lima

Raja Ampat memang terkenal dengan spot-spot bawah lautnya yang memukau. Salah satu spot menyelam yang memikat perhatian adalah Batu Lima. Kedalaman untuk menyelamnya pun cukup dangkal, cocok banget dicoba untuk pemula. Saat menyelam, kamu akan bertemu dengan karang-karang besar yang indah. Jenis terumbu karang cantik yang bisa kamu lihat adalah cambuk hitam dan karang ungu.

Friwen Wall

Cocok untuk spot menyelam pemula seperti Batu Lima, Friwen Wall memiliki karakteristik arus yang tenang dan kedalaman yang dangkal. Terletak di sekitar Pulau Friwen, salah satu hal menarik yang akan kamu temui saat menyelam disini adalah bertemu dengan berbagai jenis ikan yang menari ke sana kemari. Jika beruntung, kamu juga bisa bertemu ikan hiu!

Saporkren

 

Kalau menuju wisata sekitar Raja Ampat kita harus menaiki speedboat, menuju desa Saporkren kita dapat menempuhnya dengan perjalanan darat sekitar 45 menit saja. Nah, kita bisa ngapain aja, nih di Saporkren? Disini, ada pantainya yang luas dengan pasir putihnya yang lembut. Mau berenang dan bermain-main dengan pasir pantai, boleh-boleh aja. Di sekitar pantai Saporkren, terdapat sumber air tawar yang bisa digunakan untuk bersih-bersih. Pulangnya, kita bisa makan atau bawa pulang ikan laut segar! Selain itu, adapula ekowisata burung Cendrawasih yang bisa kamu kunjungi. Puas banget, kan main ke Saporkren.

Kalibiru Warsambim

Tidak hanya pesona air lautnya, Raja Ampat juga memiliki spot wisata air tawar yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Air sungainya jernih seperti kristal, sangat berbeda jauh dengan air sungai yang ada di perkotaan. Di bagian hulu, air sungai jernih namun tidak berwarna biru. Nah, saat mencapai sumber air yang berbentuk seperti telaga, air kalibiru berwarna biru yang indah. Di sekelilingnya, tumbuh pepohonan yang lebat dan tinggi bagai terjebak di rimba!

Sawendarek

Terletak di distrik Mansa Meos, Sawendarek terkenal dengan tempat berkumpulnya banyak spesies ikan. Saat memasuki area Sawendarek saja, kita sudah disambut oleh segerombolan ikan yang tampak malu-malu. Rasanya ingin cepat-cepat mencebur dan berinteraksi dengan pesona bawah laut di sana. Jika beruntung, kamu juga bisa bertemu dengan penyu dan ikan Napoleon!

Yenbuba

Yenbuba

Tidak jauh dari Sarwandarek, kamu bisa langsung snorkeling di sekitar dermaga Yenbuba. Ada banyak terumbu karang di sana, ditambah ikan karang dan angel butterfly fish-nya. Sekalian aja snorkeling ke tempat ini, yuk. Rasakan sensasi menghuni permukaan bawah laut bersama dengan ikan-ikan yang cantik.

Misool

Mengunjungi kepulauan Misool, enaknya meluangkan waktu yang cukup lama untuk menikmati semuanya. Kita bisa mengunjungi laguna berbentuk hati jika di lihat dari atas di Karawapop, menyapa ubur-ubur di Lenkamana, adrenalin di ketinggian Harfat Peak, dan menginap di tempat-tempat penginapan seperti di Maldives!


Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum ke Raja Ampat

Nah, karena kita mau main jauh kali ini, persiapkan hal-hal di bawah ini sebelum ke Raja Ampat, ya
Membawa uang tunai yang banyak. Meski di Waisai sudah tersedia beberapa ATM, namun kita perlu membawa uang tunai untuk keperluan akomodasi. Mengingat sebagian besar wisata di Raja Ampat adalah wisata bahari dengan berpindah dari satu pulau ke pulau yang lain.

Berhubung Raja Ampat terkenal dengan pemandangan perairan dan bawah lautnya yang indah, jangan lupa untuk bawa underwater camera, ya. Sayang banget kalau melewatkan pemandangan bawah laut Raja Ampat yang termasuk dalam sepuluh besar tempat menyelam terbaik di dunia ini.

Bekal makanan secukupnya. Biasanya sih, saat kita menginap di Raja Ampat sudah termasuk kebutuhan makan. Namun kalau kita mau island hopping, tentu bakalan kelaparan saat diperjalanan, nih. Bawa bekal makanan kering-keringan yang tahan lama secukupnya.

Sebelum menyelam di Raja Ampat, siapkan dulu lisensinya. Nah, buat kamu yang belum memiliki lisensi selam, bisa ambil kursus terlebih dahulu. Kenapa sih harus repot-repot memiliki lisensi selam untuk bisa menikmati bawah lautnya Raja Ampat? Soalnya, di Raja Ampat terkenal memiliki arusnya yang kuat dengan atolnya.

Selain itu, penyelam yang sudah memiliki lisensi diharapkan sudah terampil dalam menggunakan alat-alat selam. Begitu juga terlatih untuk menghadapi situasi darurat yang tidak diinginkan. Buat yang belum pernah mencoba, bisa cobain discovery scuba diving. Dijamin, setelah kamu mencoba diving pertama kali, langsung ingin mencobanya lagi dan lagi.

Tips Memilih Paket Wisata Raja Ampat

Sebelum berkunjung ke Raja Ampat, ada baiknya kita memilih paket wisata yang tepat agar plesiranmu ke Raja Ampat membuatmu merasa puas;

Cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum ke Raja Ampat. Kamu dapat membandingkan beberapa paket wisata dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan. Pertimbangkan pula budget yang kamu miliki untuk pergi ke sana. Tidak perlu terlalu mahal, kalau disesuaikan dengan budget, kita tetap masih bisa menikmatinya, kok.

Destinasi wisata Raja Ampat yang ditawarkan. Destinasi wisata dan berapa lama kamu akan menghabiskan waktu kesana juga perlu dipertimbangkan. Apakah kamu di sana hanya sebentar atau menginap hingga berhari-hari lamanya?

Jika menginap berhari-hari di sana, jangan lupa untuk cek penginapan atau resort. Bisa cari tahu dari testimoni pengunjung yang sudah terlebih dahulu ke sana. Soalnya, kenyamanan menjadi nomor satu saat kita meluangkan waktu ke sana dalam rentang waktu yang lama.

Kenapa ke Raja Ampat Mahal?

Mau jalan-jalan ke Raja Ampat, berapa sih, biaya yang harus kita keluarkan? Dapat berkisar mulai dari Rp 10 jutaan dan seterusnya. Dibandingkan dengan keluar negeri, Singapura misalnya, menjelajah Raja Ampat akan lebih mahal, berikut alasannya;

Biaya Logistik

Barang-barang logistik di Raja Ampat tentu lebih mahal dibandingkan dengan pulau lainnya di Indonesia. Soalnya, diperlukan biaya transportasi tidak sedikit yang harus ditempuh dengan perjalanan panjang. Bahkan, untuk kebutuhan-kebutuhan harian yang menurut kita simpel dan berharga murah, namun akan menjadi kemewahan di sana.

Biaya Bahan Bakar

Karakteristik khas wisata Raja Ampat yang menyambangi satu pulau ke pulau yang lain membutuhkan speedboat sebagai sarana transportasi. Bahan bakar yang mahal inilah yang juga membuat ongkos speedboat menjadi mahal.

Infrastruktur yang Masih Dikembangkan

Berbeda dengan Bali dan Yogyakarta dengan akses wisata yang memadai, infrastruktur di Raja Ampat tentu masih berproses dan berkembang. Seperti misalnya fasilitas penukaran mata uang dan akses transportasi yang belum mudah dijangkau.

Biaya Tiket Pesawat
Jarak ke Sorong yang lebih jauh dan lebih timur dibandingkan ke Bali dan Singapura membuat harga tiket sedikit lebih mahal. Nah, jarak yang jauh inilah yang membuat bahan bakar avtur lebih banyak dibutuhkan yang tentu akan berdampak pada tiket harga pesawat.

Merasa jalan – jalan ke Raja Ampat akan terasa jauh lebih mahal? Tenang saja, kamu tidak akan pernah sekalipun menyesal saat mengunjungi tempat ini. Mau ke Maladewa dan Phi Phi Island sekaligus? Raja Ampat jawabannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan ?
Hallo..
Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by